LURAH

Lurah mempunyai tugas melaksanakan pemerintahan di wilayah kelurahan.

Lurah memiliki uraian tugas:

  • pelaksanaa kegiatan pemerintahan kelurahan;
  • pelaksanaan pemberdayaan masyarakat;
  • pelaksanaan pelayanan masyarakat;
  • pelaksanaan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum;
  • pemeliharaan sarana dan fasilitas pelayanan umum;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh camat; dan
  • pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Lurah.

Sekretaris memiliki uraian tugas:

  • penyiapan bahan perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinerja kelurahan;
  • penyelenggaraan administrasi keuangan kelurahan;
  • penyelenggaraan administrasi umum kelurahan;
  • penyelenggaraan administrasi barang milik daerah pada kelurahan;
  • penyelenggaraa penyediaan jasa penunjang lingkup kelurahan;
  • penyelenggaraan layanan pengadaaan barang/jasa lingkup kelurahan;
  • penyelenggaraan pelaksanaan pemeliharaan barang milik daerah penunjang urusan pemerintahan daerah;
  • penyiapan bahan pengembangan kelembagaan dan tata laksana pelayanan publik;
  • pembagian tugas, pemberian petunjuk, dan pemberian bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  • pengendalian, pennelitian, dan pemeriksaan pelaksanaan tugas bawahan;
  • pelaksanaan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.
SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Seksi Pemberdayaan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Lurah

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat memiliki uraian tugas:

  • melaksanakan pemberdayaan masyarakat di kelurahan;
  • melaksanakan evaluasi kelurahan;
  • melaksanakan sinkronisasi program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta di wilayah kerja kelurahan;
  • melaksanakan peningkatan efektifitas kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kelurahan;
  • melaksanakan penyelenggaraan lembaga kemasyarakatan tingkat kelurahan;
  • melaksanakan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat kelurahan;
  • melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana lembaga kemasyarakatan tingkat kelurahan;
  • membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  • mengendalikan, meneliti, dan memeriksa pelaksanaan tugas bawahan;
  • melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.
SEKSI PEMERINTAHAN PELAYANAN PUBLIK DAN KETERTIBAN

Seksi Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Ketertiban dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan tanggung jawab kepada Lurah.

Kepala Seksi Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Ketertiban memiliki uraian tugas:

  • melaksanakan koordinasi/ sinergi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dengan perangkat daerah dan instansi terkait;
  • melaksanakan peningkatan efektifitas kegiatan pemerintahan di tingkat Kelurahan;
  • melaksanakan sinergitas dengan instansi lain terkait penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah Kelurahan;
  • melaksanakan harmonisasi hubungan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan;
  • melaksanakan upaya keamanan ketentraman dan ketertiban di kelurahan;
  • melaksanakan pembinaan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban di kelurahan;
  • melaksanakan fasilitasi pelaksanaan pemilihan umum;
  • membagi tugas, memberi petunjauk, dan membimbing bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  • mengendalikan, meneliti, dan memeriksa pelaksanaan tugas bawahan;
  • melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya
SEKSI PEMBANGUNAN

Seksi Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Lurah.

Kepalas Seksi Pembangunan memiliki uraian tugas:

  • melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan;
  • melaksanakan koordinasi/ sinergi dengan perangkat daerah dan/ atau instansi yang terkait dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum di wilayah Kelurahan;
  • melaksanakan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum yang melibatkan pihak swasta koordinasi/ sinergi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dengan perangkat daerah dan instansi terkait;
  • melaksanakan Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan di Kelurahan;
  • melaksanakan Rangkaian Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan;
  • melaksanakan pengelolaan bantuan-bantuan pembangunan dari Pemerintah dan Pihak Swasta;
  • melaksanakan pelimpahan kewenangan di bidang pembangunan, RTH dan pengelolaan persampahan;
  • mengendalikan, meneliti, dan memeriksa pelaksanaan tugas bawahan;
  • melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya